Sasuke's Mangekyō Sharingan

WELCOME TO MY BLOG

● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ● WELCOME TO MY BLOG ●

Jumat, 27 Maret 2020

Pengenalan Bahasa Pemrograman R



BahasaPemrograman R

R (juga dikenal sebagai GNU S) adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika dan grafik. R dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman] di Universitas AucklandSelandia Baru. Perangkat lunak R mula-mula dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman pada pertengahan 1990-an. Sejak tahun 1997, proyek R telah diorganisasi oleh R Development Core Team, di mana Chambers merupakan anggotanya. R dinamakan sebagian setelah nama dua pembuatnya (Robert Gentleman dan Ross Ihaka), dan sebagian sebagian dari permainan nama dari S.
Bahasa R kini menjadi standar de facto di antara statistikawan untuk pengembangan perangkat lunak statistika, serta digunakan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak statistika dan analisis data. R juga telah dikembangkan untuk sistem operasi Unix, Macintosh dan Windows.
R merupakan bagian dari proyek GNU. Kode sumbernya tersedia secara bebas di bawah Lisensi Publik Umum GNU, dan versi biner prekompilasinya tersedia untuk berbagai sistem operasi. R menggunakan antarmuka baris perintah, meski beberapa antarmuka pengguna grafik juga tersedia.

Tujuan utama dari lingkungan R adalah untuk memungkinkan dan mendorong
terciptanya analisis data yang baik. manfaat-manfaat yang di berikan aplikasi R :

1. memberikan fasilitas-fasilitas umum dan mudah digunakan untuk organisasi,

penyimpanan dan pemanggilan data.
2. memberikan teknik-teknik komputasi dan metoda-metoda numerik.
3. memungkinkan membuat fungsi-fungsi sesuai dengan keinginan pemakai.
4. memberikan cara interaktif, informatif dan fkelsibel untuk memandang data.

R dapat digunakan pada berbagai bidang seperti analisis keuangan, penelitian 
statistika, manajemen, akademis, matematika, grafik dan analisis data.


beberapa kelebihan dan kekurangan software R. Adapun kelebihan dan kekurangnnya adalah sebagai berikut:
Kelebihan:
1. Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan. Ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
2. Lengkap dalam operator perhitungan array.
3. Lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, diantaranya, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
4. Tampilan grafik yang menarik dan fleksibel ataupun costumized.
5. Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka, setiap orang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam bentuk paket ke dalam software R.

Kekurangan:
1. Terlalu banyak command
2. Tidak memiliki kemampuan untuk menganalisa multivariabel
3. Fungsi yang "menyesatkan" atau nama-nama parameter (data =, sort, if)
4. Pengendalian variabel yang tidak rapih
5. Cara untuk penamaan dan menggantikan nama variabel sangat rumit
6. Fungsi-fungsinya berjalan berdasarkan prosedur
7. Memiliki kemampuan yang rendah untuk memilih himpunan variabel


R menyediakan berbagai teknik statistika (permodelan linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya) serta grafik. R, sebagaimana S, dirancang sebagai bahasa komputer sebenarnya, dan mengizinkan penggunanya untuk menambah fungsi tambahan dengan mendefinisikan fungsi baru. Kekuatan besar dari R yang lain adalah fasilitas grafiknya, yang menghasilkan grafik dengan kualitas publikasi yang dapat memuat simbol matematika. R memiliki format dokumentasi seperti LaTeX, yang digunakan untuk menyediakan dokumentasi yang lengkap, baik secara daring (dalam berbagai format) maupun secara cetakan.


Selain kelebihan dan kelengkapan fitur-fiturnya, hal yang terpenting lainnya yakni, R bersifat multiplatform, yakni dapat diinstall dan digunakan baik pada system operasi Windows , UNIX/LINUX maupun pada Macintosh. Untuk dua system operasi disebutkan terakhir diperlukan sedikit penyesuaian.
Selain kelebihan disebutkan di atas, R didukung oleh komunitas yang secara aktif saling berinteraksi satu sama lain melalui Internet dan didukung oleh manual atau R- help yang menyatu pada software R

Looping Dalam R
Looping merupakan suatu cara untuk mengulang suatu perintah dengan kondisi yang ditentukan. Menggunakan loop, kita dapat mengotomatiskan suatu kode yang butuh diulang dalam suatu fungsi. Looping yang digunakan dalam R yaitu forwhile, dan repeat. Secara garis besar, diagram bekerjanya loop adalah sebagai berikut:



While = Melakukan kode perintah, selama kondisi yang diberikan benar. Menguji kondisi sebelum melakukan kode perintah (badan loop)
For = Seperti halnya while, hanya saja akan menguji kondisi di akhir kode perintah (badan loop)
Repeat = Melakukan serangkaian kode perintah beberapa kali

Cara memanggil fungsi

Sebelum dapat digunakan, suatu fungsi harus dipanggil terlebih dahulu sehingga tersedia di Global Environment. Cara memanggil fungsi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.     Fungsi dapat dipanggil secara langsung dengan cara menjalankan fungsi tersebut secara eksplisit. Misalnya anda menuliskan kode fungsi jumlah pada skrip fungsi_baru.R, maka anda dapat menjalankan kode dalam fungsi_baru.R sehingga fungsi jumlah menjadi tersedia di Global Environment.
2.     Fungsi dapat dipanggil secara implisit dengan cara menyisipkan dokumen fungsi pada source(). Pertama, anda dapat menuliskan kode fungsi tersebut dalam skrip (contoh: fungsi_baru.R) kemudian menyimpannya dalam suatu direktori (contoh: ~/Dokumen/R/Fungsi). Kemudian, sisipkan perintah source("~/Dokumen/R/Fungsi/fungsi_baru.R") pada bagian awal skrip utama yang akan anda gunakan untuk bekerja. Maka fungsi jumlahakan tersedia di Global Environment dan dapat segera digunakan.

Jika anda membuat banyak fungsi, maka sebaiknya simpan masing-masing fungsi tersebut dalam dokumen skrip secara terpisah (contoh: jumlah.R, reskala.R, normalisasi.R, dan seterusnya). Hal ini bertujuan untuk mempermudah jika ada perubahan atau perbaikan kode yang harus dilakukan pada suatu fungsi tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar